Perkembangan Anak


Konsep  Dasar Perkembangan Anak
Selama hidup manusia tidak pernah statis, sejak ahir sampai meninggal manusia selalu mengalami perubahan. Sehubungan dengan perubahan tersebut dikenal dua macam perubahan. Perubahan itu antara lain, pertumbuhan yang bersifat kuantitatif yaitu bertambahnya ukuran dan struktur sedangkan perkembangan yang diartikan sebagai perubahan kualitatif yaitu perubahan yang progresif, koheren dan teratur.
Perubahan yang dialami manusia merupakan integrasi dari berbagai perubahan struktur dan fungsi, karena itu perubahan ini tergantung pada hal-hal yang dialami sebelumnya dan mempengaruhi hal-hal sesudahnya. Secara umum perubahan-perubahan yang terjadi pada diri manusia meliputi empat tipe yaitu :
1.     Perubahan ukuran yang meliputi perubahan fisik seperti bertambahnya tinggi, brat, besarnya organ-organ dan sebagainya
2.    Perubahan proporsi dapat diamati dari perbandingan antara ukuran-ukuran tubuh manusia yang mengalami perubahan, ada bagian tubuh yang berkembang pesat dan ada juga yang berkembang lambat dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain.
3.    Hilangnya sifat atau keadaan tertentu, misal hilangnya rambut dan gigi pada bayi, seperti juga hilangnya sifat-sifat kekanak-kanakkan, gerakan-gerakan bayi dan sebagainya.
4.    Munculnya bermacam sifat atau keadaan baru, misalnya muncul karakteristik-karakteristik seksual, standar-standar moral dan sebagainya.
Bila ditinjau dari faktor-faktor yang menentukan terjadinya perubahan pada diri manusia sekurang-kurangnya ada dua faktor, yakni faktor kematangan dan faktor belajar. Kedua faktor tersebut berinteraksi satu dengan yang lainnya, saling mempengaruhi dan membentuk satu kesatuan sehingga menimbulkan perubahan yang terjadi pada diri manusia.

Komentar

Postingan Populer